Footer Middle Content

Senin, 15 April 2013

Perintah Dasar Pemrograman Pascal

Perintah - perintah Dasar pada bahasa pemrograman pascal sebagai berikut :

  1. Writeln
Writeln digunakan untuk manmpilkan informasi ke layar. Writeln juga dapat menerima argumen bertipe data dasar (real, integer) dan bahkan string. Contoh :
Writeln(5.5);                {tipe data real}
Writeln(67);                 {tipe data integer}
Wrriteln(false);             {tipe data boolean}
Writeln(‘K’);                {tipe data Char}
Writeln(‘Saya belajar pascal’) {tipe data string}

  1. Write
Fungsi dari perintah write sama dengan perintah writeln, perbedaan perintah write dan writeln adalah letak kursor setelah text ditampilkan ke layar atau penambahan LF (linefeed) dan CR (Carriage Return). Jika menggunakan perintah write, setelah text tampil dilayar maka kursor akan terletak dikanan text. Tetapi, perintah writeln akan meletakkan kursor dibawah text yang ditampilkan.
Contoh :
Program Contoh_Write;
Uses Crt;
Begin
  Clrscr;
  Write (‘KOTA BIMA’);
  Readln;
End.
Jalankan dan apa yang terjadi?
Program Contoh_Writeln;
Uses Crt;
Begin
  Clrscr;
  Writeln (‘KOTA BIMA’);
  Readln;
End.
Jalankan dan apa yang terjadi?

Kedua program diatas menghasilkan dua tampilan yang berbeda yaitu :
KOTA BIMA _
Dan
KOTA BIMA
_
Kemudian buat program dibawah ini dan apa hasilnya : ???
Program Contoh_1;
Uses Crt;
Begin
  Clrscr;
  Write (‘Pergi ke Bima Naik Kapal’);
  Writeln (‘Hati-hati jangan terjepit’);
  Write (‘Ayo Belajar Bahasa Pascal’);
  Writeln (‘Kata Ikhy Tidaklah Sulit’);
  Readln;
End.

  1. Format write atau writeln
Turbo pascal menyediakan cara yang mudah untuk menformat tampilan bilangan pada layar sesuai dengan notasi yang kita pakai sehari-hari. Hal ini sangat penting untuk memperjelas hasil kelaran dari suatu progra,m, apalagi jika bilang bertipe data real. Untuk bilang tipe data integer dapat kita tulis dengan format :
Writeln(data:lebar_data);
Dengan menggunakan format ini maka barisan data yang ingin kita tampilkan akan ditampilkan dengan rata kanan. Contoh :
Writeln (12356:8);
Writeln (12:8);
Writeln (1235:8);
Hasilnya :
12356
12
1235
Pengaturan yang sama juga dapat kita lakukan untuk tipe data real. Untuk tipe data real dapat kita format dengan perintah beikut :
Writeln(data:lebar_data:lebar_desimal);
Contoh :
Writeln(1253.53:5:2);
Contoh :
1253.53

  1. GotoXY
Fungsi perintah ini adalah untuk menempatkan kursor pada koordinat tertentu. Sintaks :GotoXY(kolom,baris)


Contoh :
Program Contoh_2;
Uses Crt;
begin
 Clrscr;
 gotoXY(10,10);
writeln(‘I LOVE YOU’);
end.

  1. Readln
Fungsi ini berarti meminta input nilai dari keyboard dan berfungsi untuk menghentikan proses eksekusi program selama belum ada penekanan tombol ENTER.
Contoh :
Program Contoh_3;
Uses Crt;
Var nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
Write('Masukkan Nama Anda :');
readln(nama); {menerima input dari user}
gotoXY(15,15);
Write('Saudara',' ',nama,' ','Anda Memasuki Dunia Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
Write('Anda Sudah Siap ???');
readln; {berhenti sebentar sampai tekan ENTER}
end.

  1. TextColor
Fungsi perintah ini adalah untuk memberi warna pada text.
Sintak: TextColor(Red); atau TextColor(4);
Program Contoh_4;
Uses Crt;
Var nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
textcolor(3);
Write('Masukkan Nama Anda :');readln(nama);
gotoXY(15,15);
textcolor(12);
Write('Saudara',' ',nama,' ','Anda Memasuki Dunia Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
textcolor(13);
Write('Anda Sudah Siap ???');
readln;
end.

Tabel 3.3 Kode Warna TextColor
Kode
Warna
Kode
Warna
0
Black
8
Darkgray
1
Blue
9
LightBlue
2
Green
10
LightGreen
3
Cyan
11
LightCyan
4
Red
12
LightRed
5
Magenta
13
LightMagenta
6
Brown
14
Yellow
7
Lightgray
15
White


  1. TextBackground
Fungsi perintah ini adalah untuk memberi warna latar belakang dari suatu tulisan.
Contoh :
Program Contoh_5;
Uses Crt;
Var nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
textcolor(13);textbackground(1);
Write('Masukkan Nama Anda :');readln(nama);
gotoXY(15,15);
textcolor(12);textbackground(3);
Write('Saudara',' ',nama,' ','Anda Memasuki Dunia Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
textcolor(14); textbackground(2);
Write('Anda Sudah Siap ???');
readln;
end.



Tabel 3.4 Kode Warna TextBackGround
Kode
Warna
0
Black
1
Blue
2
Green
3
Cyan
4
Red
5
Magenta
6
Brown
7
lightgray

  1. DelLine
Digunakan untuk menghapus satu baris pada layar pada posisi kursor.
  1. InsLine
Digunakan untuk menyisipkan satu baris kosong pada posisi kursor.
  1. Readkey
Digunakan untuk membaca sebuah karakter yang diketikkan, bisa juga menghentikan sementara sampai tekan sembarang karakter.
  1. KeyPressed
Bertujuan untuk memeriksa apakah telah dilakukan penekanan terhadap tombol tertentu.
  1. Sound
Bertujuan untuk membuat Suara
Contoh :
Program Contoh_Suara;
Uses Crt;
Var   j   :integer;
begin
 Clrscr;
 gotoXY(25,10);
 textcolor(14);
 Write('Anda Sudah Siap ???');
 j:=10;
 textAttr:=7;
 textcolor(14);gotoxy(15,20);
 Write('Tekan Sembarang Tombol untuk keluar....');
 while not keypressed do
 begin
 sound(j*10);sound(j+10*10);
 sound(j+20*10);delay(30);
 j:=j+10;
 if j>=300 then j:=10;
 end;
 NoSound;
 readln;
end.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons